headerphoto

BISNIS CENTER MART SMK NEGERI 22 JAKARTA

Jum`at, 29 Januari 2010 20:46:18 - oleh : jub

Gambar atas : Bisnis Center Mart SMK Negeri 22. Dari kanan Mantan Kepala SMK Negeri 22 Hasanudin, SE, MM. Kasi Pendidikan SMK Sudin Dikmen Jakarta Timur Hadi Waulat (tengah),  Drs. Yahya Siregar (paling kanan), Guru Kewirausahaan SMK Negeri 22 Jakarta.

Gambar bawah : 3 orang peserta didik melakukan praktik kerja di Bisnis Center Mart SMK Negeri 22

Tujuan utama Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah menyiapkan peserta didik dapat segera bekerja pada dunia usaha/dunia industri atau berwirausaha dan apabila dari segi kemampuan ekonomi memungkinkan dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Dalam merealisasikan  tujuan utama tersebut, dalam sturktur kurikulum SMK  terdapat mata pelajaran kewirausahaan sebagai upaya mendidik dan membekali siswa memiliki jiwa dan kompetensi berwirausaha. Oleh karena itu mata pelajaran kewirausahaan tidak saja diajarkan secara teoritis, namun yang lebih penting adalah memberikan pengalaman nyata dalam praktik berwirausaha seperti yang dilakukan oleh SMK Negeri 22 Jakarta.

SMK Negeri 22 yang berlokasi di jalan raya condet Pasar Rebo Jakarta Timur itu memiliki  4 kompetensi keahlian, 3 diantaranya termasuk bidang studi  keahlian bisnis manajemen, yaitu akuntansi, administrasi perkantoran, dan pemasaran serta 1 kompetensi keahlian : teknik komputer dan jaringan (TKJ) yang merupakan bidang studi keahlian  teknologi informasi dan komunikasi.

Untuk mendukung terlaksananya bisnis center sebagai sarana praktik peserta didik khususnya dari kompetensi keahlian pemasaran (penjualan), pemerintah memberikan bantuan dana Rp. 250.000.000,- Bisnis Center merupakan program strategis Direktorat Pembinaan SMK yang memberikan wahana untuk menumbuhkan jiwa wirausaha dan teaching factory untuk media pembekalan kompetensi teknis pada SMK bidang studi keahlian bisnis dan manejamen, seni dan pariwisata.

Tujuan diberikannya bantuan adalah menyiapkan bisnis center sebagai media pembelajaran bisnis bagi siswa, mendorong SMK untuk berwirausaha dan membantu SMK untuk menjalankan kegiatan pembelajaran yang berorientasi bisnis.

Peluang yang diberikan oleh Direktorat Pembinaan SMK itu ternyata disambut  baik oleh Kepala SMK Negeri 22 Hasanudin, SE, MM. yang berusaha menyiapkan sarana dan prasarana dan  membangun ruangan untuk kegiatan bisnis center sebagai media pembelajaran, pembangunan rungan untuk Baitul Mal Wattamwil (BMT)  untuk kompetensi keahlian akuntansi, dan ruangan praktik administrasi perkantoran dengan perlengakapan sarana praktiknya

Maka tatkala  pada tahun 2009 pemerintah memberikan bantuan dana pengembangan bisnis center  untuk  SMK Negeri 22, langsung  disambut baik oleh manajemen sekolah. Menurut penanggung jawab Bisnis Center Mart SMK Negeri 22 Drs. Yahya Siregar yang juga guru mata pelajaran kewirausahaan, untuk mengisi  bisnis center mart pihak pengelola melakukan pendekatan dan kerjasama dengan berbagai pihak agar kebutuhan masyarakat dapat dilayani seperti bahan kebutuhan pokok sehari-hari, alat-alat kosmetik, soft drink dan minuman lainnya serta tak ketinggalan gas elpiji ukuran 3  dan 12 kg serta air mineral berbagai merek.

Ketua program kompetensi keahlian pemasaran (penjualan) SMK Negeri 22 Ida  Lailatussaadah, S.Pd. mengatakan pengelolaan bisnis center mart sehari-hari diserahkan kepada peserta didik. Ada  3 orang peserta didik dari  kompetensi keahlian penjualan kata ibu guru Ida bergantian melakukan praktik kerja untuk menunjang kompetensi mereka.  

Tak terasa Kepala SMK Negeri 22 Hasanudin, SE, MM. yang mengabdikan diri lebih dari 2 tahun dan telah menyiapkan bisnis center mart untuk sarana pembelajaran mendapat tugas baru sebagai kepala SMK Negeri 10, digantikan oleh Drs. Amron Afandi, MM, yang berasal dari SMK Negeri 10. Kita berharap pak Amron Afandi meneruskan bisnis center mart yang sudah berjalan ini dan terus meningkatkan pendapatan atau keuntungan dari pengelolalan bisnis center mart sebagai wahana bisnis siswa.

Selamat jalan pak Hasanudin semoga sukses di tempat yang baru.

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya