headerphoto

MOU SMK PGRI 20 DENGAN PT. ASTRA OTOPARTS (PT. AOP)

Kamis, 14 Januari 2010 18:56:09 - oleh : jub

Dari kanan : Kepala SMK PGRI 20 Jakarta Drs. H. Rembun, Kasudin Dikmen Kota Administrasi Jakarta Timur Drs. H. Suharyanto, MM, Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Drs. H. Slamet Widodo, M.Pd, Outlet Dev. Dept PT. AOP Agus Heri Purnomo, Perwakilan Direksi PT. AOP Herfian Gozali

 

Bertempat di SMK PGRI 20 Kelurahan Cibubur Kecamatan Ciracas Jakarta Timur, Kamis 14 Januari 2010 diadakan penandatangan perpanjangan perubahan kerjasama antara SMK PGRI 20 dengan PT Astra Otoparts (PT. AOP) dalam pembentukan kelas khusus Otomotoif Astra Otoparts.

Penandatangan MOU disaksikan oleh Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi DKI  Jakarta Drs. H. Slamet Widodo, M.Pd, Kepala Suku Dinas Pendidikan Menengah Kota Administrasi Jakarta Timur Drs. H. Suharyanto, MM, Dari Pihak PT. Astra Oto Parts hadir Outlet Dev. Dept. PT. Astra Otoparts Agus Heri Purnomo, Perwakilan Direksi PT. Astra Otoparts Herfian Gozali.

Pembentukan Kelas Khusus Otomotif Astra Otoparts sejak 8 September 2008. yang dimulai dengan kerjasama dalam hal prakerin, sinkronisasi kurikulum dan rekruitmen karyawan antara SMK PGRI 20 dengan PT. Astra Otoparts, hasilnya keterserapan siswa SMK PGRI 20 yang diterima di PT. Otoparts hanya sekitar 5 sampai 10 prosent.

Menyadari hal ini pihak SMK PGRI 20 dan PT. AOP melakukan evaluasi atas hasil yang dicapai. Ditemukan bahwa kompetensi yang dimiliki oleh siswa belum memenuhi standar yang ditentukan oleh industri dalam hal ini PT. AOP. Maka solusinya adalah adanya perpaduan dan sinkronisasi kurikulum antara SMK PGRI 20 dengan PT. AOP, meliputi : communication skills, leadership skills, negotiation skills,  store management, warehouse management,  pricing strategy, inventory management, financial management, promotion management, custamer service,   computer skills, mechanical and technical skills, selling skills, business sense,  relation ship & networking skills, man management, product  & service knowledge dan LK3 (Lingkungan Kesehatan Keselamatan Kerja).

Implementasi kerjasama itu diwujudkan dalam bentuk pembelajaran di SMK PGRI 20 pada setiap hari Sabtu. PT. AOP sebagai mitra kerjasama mengirimkan guru produktif (otomotif) untuk memperdalam materi dan kompetensi kebutuhan Astra oto parts, sehingga siswa mendapatkan materi dari sumbernya.

Disamping itu siswa juga melakukan pembelajaran di industri dalam hal ini di PT. AOP atau sering disebut juga On the job training, siswa tidak hanya belajar teori saja tetapi juga belajar secara riel di industri, dan pembelajaran di industri itulah siswa melakukan pekerjaan yang sesungguhnya(riel)

Dengan kerjasama seperti ini keterserapan siswa di  industri khususnya di PT. Astra Oto Parts hasilnya sangat terasa.  Pada tahun 2008/2009 tingkat keterserapan mencapai 45 prosent. dari 72 siswa kelas 3 SMK PGRI 20. (hw)

 

 

 

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya