headerphoto

SISWA SMK INSAN TEKNOLOGI KE ASEAN SKILL COMPETITION

Minggu, 31 Oktober 2010 13:59:10 - oleh : smk

Gambar atas: Adi Hernadi, bawah : dari kiri : Nanang Khairul Anam, ST (Kepala Seksi HRD Panasonic Manufaktur Indonesia) Hadi Waulat (Kasi Pendidikan SMK) Adi Hernadi (peserta Asean Skill Competition) dan Hendra Gunawan, S.Sos (Kepala SMK Insan Teknologi)

Perawakannya tidak tinggi, mungkin tidak cukup 160 cm, warna kulitnya juga warna kebanyakan orang Indonesia, sawo matang, penampilannya sederhana, namun rasa percaya dirinya sangat tinggi. Dari obrolannya dengan awak dikmenjaktim.com terlihat ia sangat menguasai bidang yang ditekuninya selama 3 tahun di SMK Insan Teknologi, Teknik Pending dan Tata Udara.  Kompetensi Keahlian satu-satunya yang ada di SMK di Jakarta Timur.

Anak kedua dari 4 bersaudara ini lahir di Tasikmalaya, 24 Juli 1990, dengan nama Adi Hernadi. Sejak kecil ayahnya sudah almarhum. Dia dibesarkan oleh ibunya : Ibu Ecin, yang sampai hari ini tinggal di Tasikmalaya Jawa Barat. Cita-citanya sangat mengagumkan ia ingin menjadi Pengusaha Sukses, dia tidak tertarik menjadi PNS atau bekerja di dunia usaha/industri. Ia lebih memilih berwiraswasta. Karakter kepemimpinan muncul di dalam diri Adi Hernadi. Kalau bekerja dengan orang  sebagai karyawan, kita diatur, disuruh,  tuturnya.  Oleh karena itu tidak  mengherankan jika ia keluar, hanya  bekerja 17 hari di sebuah perusahaan mesin pendingin di Mall Pendok Indah Jakarta Selatan atas rekomendasi dari BLK Pasar Rebo Jakarta Timur. Saya keluar karena  konsentrasi untuk mengikuti Asean Skill Competition (ASC) Nopember ini.

Berawal dari Adi Hernadi siswa SMK Insan Teknologi mengikuti Latihan Praktik Kerja di Balai Latihan Kerja (BLK)  Pasar Rebo Jakarta Timur tahun 2009. Oleh BLK Adi Hernadi diminta untuk mengikuti  kegiatan lomba Asean Skill Competition (ASC) untuk tingkat nasional  yang di selenggarakan 2 tahun sekali.  Adi Hernadi bersaing dengan 9 peserta lainnya dari BLK Pasar Rebo  dalam  mata lomba Teknik Pendingin dan Tata Udara.  BLK  memilih 2 terbaik, salah satunya adalah Adi Hernadi siswa SMK Insan Teknologi Cibubur Jakarta Timur.

Dengan modal juara BLK itu ia kemudian ikut ke tingkat nasional  yang di selenggarakan tahun 2009, bersaing dengan 15 peserta seluruh Indonesia. Panitia memilih 3 peserta terbaik, yaitu Ibnu Hayim dari Makasar Sulawesi Selatan, Adi Hernadi dari Provinsi DKI Jakarta. dan satu lagi dari Temanggung Jawa Tengah. Tiga peserta itu di trainiing di BLK Bekasi dan Panasonic  selama 3 bulan.  Untuk kemudian 3 siswa tadi di adu lagi dengan  para juara LKS SMK  mata lomba  Teknik Pendingin dan Tata Udara. Mereka berasal dari Makasar Sulsel, Surabaya Jatim, dan Bangka Belitung.  Total mereka ada 6 peserta bersailng   memperebutkan 2 jatah untuk mengikuti kejuaraan ASEAN SKILL lCOMPETITION pada tanggal 14 Nopember 2010 di Thailand. Ternyata dari 2 peserta tadi salah satunya ADI HERNADI.

Di Asean Skill Competition Thailaind ada 21 kompetensi keahlian yang di lombakan. Dari Jakarta Timur di samping Adi Hernadi Siswa SMK Insan Teknologi, ada juga Espesrin Estiawan dari SMK Negeri 26  Rawamangun  Jakarta Timur dalam mata lomba Elektronika Industri. Kita berdoa, semoga kedua putra  terbaik Jakarta Timur ini dapat menjuarai Asean Skill Competition di masing-masing mata lombanya (hw)

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Kesiswaan" Lainnya