headerphoto

SUDIN DIKMEN ADAKAN PELATIHAN PENGEMBANGAN KTSP

Kamis, 22 April 2010 22:48:44 - oleh : jub

Suasana pembukaan pelatihan pengembangan KTSP tahap 2

Ada empat komponen penting dalam pengelolaan pembelajaran di sekolah, yaitu kurikulum, sarana dan prasarana, siswa dan guru. Demikian Kepala Suku Dinas Pendidikan Menengah Kota Administrasi Jakarta Timur, Drs. H. Suharyanto, MM ketika membuka Pelatihan Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMK Bagi Guru Produktif, tahap 2, Rabu 21 April di Pusdiklat Graha Insan Cita Depok Jawa Barat

Dari keempat komponen itu, lanjut Kasudin Dikmen Jakarta Timur, gurulah unsur yang sangat penting dalam menentukan proses pembelajaran yang bermutu. Ada siswa, ada kurikulum, ada sarana tapi kalau gurunya tidak ada, maka siswa tidak mungkin belajar sesuai kurikulum yang direncanakan, demikian pula, ada sarana dan prasarana, bila gurunya tidak ada, lanjut Drs. H. Suharyanto, MM, maka penggunaan praktik peralatan itu tidak akan maksimal untuk peningkatan kompetensi.

Pelatihan Pengembangan KTSP SMK adalah kegiatan Seksi Pendidikan SMK Sudin Dikmen Kota Administrasi Jakarta Timur yang dilaksanakan dalam dua tahap. Dalam laporannya Ketua Panitia yang juga Kepala Seksi Pendidikan SMK, Hadi Waulat mengatakan, tahap pertama  berlangsung 12 s.d. 15 April yang diikuti 4 program studi keahlian, yaitu  : Teknik Otomotif, Teknik Mesin, Teknik Ketenagalistrikan dan Teknik Informasi dan Komunikasi, dengan jumlah peserta 100 orang guru produktif.

Pada tahap 2 pesertanya melebihi kuota yaitu 105 orang guru produktif,  dari 4 program studi keahlian : Tata Niaga (Pemasaran), Keuangan (Akuntansi dan Perbankan), Administrasi (Administrasi Perkantoran) dan Pariwisata (Usaha Jasa Pariwisata dan Akomodasi Perhotelan). Yang menarik kata Hadi Waulat ada sekolah diluar program studi keahlian diatas yang meminta untuk dikutsertakan, yaitu 2 orang dari kompetensi keahlian dari Seni Musik Klasik SMK Sarasvati, dan 1 orang dari kompetensi keahlian Jasa Boga dari SMK Jayawisata 2.

Hasil yang diharapkan dari Pelatihan ini adalah tersusunnya dokumen kurikulum tingkat satuan pendidikan, berupa : tersusunnya tujuan pendidikan dari masing-masing sekolah, tersusunnya struktur dan muatan kurikulum dari masing kompetensi keahlian, tersusunnya silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), sehingga ketika peserta pelatihan ini pulang ke masing-masing sekolah mereka sudah dibekali dengan perangkat dokumen kurikulum untuk dilaksanakan di sekolah masing-masing. (hw)

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Kurikulum" Lainnya